UIN STS Jambi Masuk Daftar Universitas Terbaik di Dunia

UIN STS Jambi Masuk Daftar Universitas Terbaik di Dunia
Data kampus terbaik versi Times Higher Education (THE) Impact Rangkings 2022

Orbid.id  – Times Higher Education (THE) Impact Rangkings 2022 menempatkan UIN STS Jambi dalam peringkat universitas terbaik di dunia. Hal ini disampaikan langsung oleh Prof. Dr. H. Su’aidi Asy’ari, Ma., Ph.D dalam jumpa pers, Kamis (28/4/2022) di kampus UIN STS Jambi, Telanaipura, Kota Jambi.

THE Impact Rangkings adalah sebuah lembaga pemeringkatan yang mengukur kontribusi universitas-universitas di dunia berdasarkan kontribusi universitas terhadap 17 tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs) yang berpusat di London.

Menurut Su’aidi, capaian peringkat universitas terbaik tersebut tidak terlepas dari kerja keras dalam peningkatan kualitas dan sejumlah inovasi yang dilakukan oleh UIN STS Jambi di masa kepemimpinannya.

“Secara keseluruhan dari 17 indikator yang di tingkat Internasional memperoleh rangking 1001+, sedangkan di tingkat nasional UIN STS Jambi berada pada peringkat 20 bersama 8 universitas lainnya versi THE Impact Rangkings,” kata Su’aidi.

Rektor UIN STS Jambi, Prof. Dr. H. Su’aidi Asy’ari, Ma., Ph.D saat jumpa pers, Kamis (28/4/2022) di kampus UIN STS Jambi, Telanaipura

Ia menyebutkan, UIN STS Jambi masuk 20 bersama 8 universitas lainnya, yakni BINUS University, Institut Teknologi PLN, Maranatha Christian University, University of Mataram, Satya Wacana Christian University, University of Sumatera Utara, Universitas Yarsi, dan Yogyakarta State University.

“Impian ini sebelumnya telah kami tuangkan dalam program rencana kerja, kami kerjakan, dan akhirnya pada hari ini kami sudah masuk ranking dunia, ini berkat dukungan dari berbagai pihak. Ini sangat dahsyat mengingatkan perubahan dari IAIN ke UIN baru berumur 4 tahunan sejak tahun 2017, perubahan itu menjadi sangat berarti dalam pengukuran nilai, karena melibatkan banyak aspek sains, teknologi, lingkungan, dan budaya,” tutur Su’aidi.

Dilansir detik.com, tahun ini, 1.406 kampus dari 106 negara dan wilayah masuk dalam pemeringkatan THE Impact Rankings edisi keempat.

Tiap kampus yang mengirimkan data SDG-17 dan setidaknya 3 kategori SDGs lain bisa masuk di pemeringkatan keseluruhan. SDG-17 berbobot 22 persen dan 3 SDGs lainnya berbobot masing-masing 26 pesen.

UIN STS Jambi sendiri mengirim semua data SDG-17. Secara detail, rangking THE yang diperoleh UIN STS Jambi di tingkat internasional berdasarkan 17 indikator SDGs sebagi berikut :

SDG 1 – Tanpa Kemiskinan (no poverty) : ranked 601+

SDG 2 – Tanpa Kelaparan (zero hunger) : ranked 401+

SDG 3 –  Kehidupan Sehat dan Sejahtera ( good health and well-being) : ranked 1001+

SDG 4 – Pendidikan Berkualitas (quality education) : ranked 801-1000

SDG 5 – Kesetaraan Gender (gender equality) : ranked 401-600

SDG 6 – Air Bersih dan Sanitasi (clean water and sanitation) : ranked 401-600

SDG 7 – Energi Bersih dan Terjangkau (affordable and clean energy) : ranked 401-600

SDG 8 – Pekerjaan Layak (decent work and economic growth) : ranked 801+

SDG 9 – Industri, Inovasi, dan Infrastruktur (industry, innovation and infrastructure) : ranked 601+

SDG 10 – Berkurangnya Kesenjangan (reduced inequalities) : ranked 601+

SDG 11 – Kota dan Pemukiman yang Berkelanjutan (sustainable cities and communities) : ranked 601+

SDG 12 – Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab (responsible consumption and production) ranked 401-600

SDG 13 – Penanganan Perubahan Iklim (climate action) : ranked 601+

SDG 14 – Ekosistem Lautan (life below water) : ranked 201-300

SDG 15 – Menjaga Ekosistem Darat (life on land) : ranked 301-400

SDG 16 – Perdamaian, Keadilan, dan Kelembagaan yang Tangguh (peace, justice and strong institutions) : ranked 401-600

SDG 17 – Kemitraan untuk Mencapai Tujuan (partnerships for the goals) : ranked 1001+

Sementara itu Gubernur Jambi mengapresiasi atas keberhasilan UIN STS Jambi masuk peringkat universitas terbaik di dunia.

“Ini kerja kerja luar biasa dari seluruh bangunan sekalian yang sudah berhasil membawa point keren, kini tinggal lagi kita pertahankan bahkan kita tingkatkan ,” tuturnya.

Al Haris juga berpesan, agar rektor bersama wakil rektor, dan civitas akademika UIN STS Jambi untuk tetap semangat dan terus berjuang dalam memajukan kampus UIN STS Jambi.

“Pak rektor sejak Indonesia merdeka yang nama perjuangan tuh pasti ada, lika-likunya pasti ada, onak dan duri, justru itulah sebetulnya yang menjadi pelecut kita untuk maju ke depan. Percayalah di balik tantangan insya Allah ada sebuah keberhasilan.

“Selamat atas kelulusan UIN Jambi meraih peringkat dunia dan 20 nasional pada tahun ini, makin percaya modalnya, tetap komitmen konsisten dan kompak selalu,” tandas Al Haris.(*)

Bagikan
CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!