Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Luncurkan Tur Virtual dan Animasi Archi

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional Luncurkan Tur Virtual dan Animasi Archi
Tur Virtual dan Animasi Archi
Bagikan

Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (Puslit Arkenas) menyajikan tur situs arkeologis secara virtual melalui Animasi Archi.

Tur Virtual dan Animasi Archi ini diluncurkan pada tanggal 19 Februari 2021. Diharapkan dapat berperan sebagai media alternatif pembelajaran peradaban bangsa di masa Covid-19.

Animasi Archi dapat dinikmati oleh anak-anak di kalangan pelajar, agar dapat mengenal dan menjelajahi situs-situs arkeologis yang ada di Indonesia

Dengan teknologi Citra 360° dan beresolusi tinggi, animasi ini menyajikan tiga buah situs arkeologis, yakni Situs Trowulan di Jawa Timur, Kawasan Maros Pangkep di Sulawesi Selatan dan Gua Harimau di Sumatera Selatan.

Selain itu, Animasi Archi menampilkan beberapa hasil riset penelitian terkini yang sudah dilakukan oleh Puslit Arkenas di Danau Matano di Sulawesi Selatan, Tambora di Nusa Tenggara Barat, Gua Harimau di Sumatera Selatan, Jatiluwih di Bali, dan Kadiri Jawa Timur.

“Layanan ini bagian dari program Rumah Peradaban oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional yang mendukung proses pembelajaran nilai luhur kebudayaan bangsa yang terkandung di situs arkeologi,” kata Kepala Pusat Penelitian Arkeologi Nasional, Dr.I Made Geria , Kamis (25/2).

I Made Geria mengharapkan agar anak-anak semakin mencintai dan mengapresiasi setiap peninggalan arkeologi.

“Dengan adanya tur virtual dan Animasi Archi semoga mampu menginspirasi anak-anak bangsa untuk semakin mencintai dan mengapresiasi peninggalan arkeologi,” harapnya.

Sementara itu, PLT Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Totok Suprayitno mengatakan, tur virtual dan animasi archi ini dapat dimanfaatkan untuk menyampaikan niai-nilai peradaban masa silam bangsa Indonesia.

“Tur virtual dan animasi archi semoga dapat menjadi media pembelajaran baru dan bermanfaat bagi para siswa dan guru-guru kedepannya,” ujar Totok.

Sebagai informasi tambahan, tur virtual dan animasi archi dapat dilihat di YouTube, Instagram, Twitter dan Facebook Pusat Penelitian Arkeologi Nasional.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!