Polresta Jambi Tangkap Kolektor Satwa Langka

Polresta Jambi Tangkap Kolektor Satwa Langka
Polresta Jambi ekspose sejumlah satwa langka yang dikoleksi AR
Bagikan

Orid.id – AR (23), warga Kenali Asam Bawah, Kecamatan Kotabaru, Kota Jambi, Jambi terpaksa harus berurusan dengan hukum karena memiliki peliharaan satwa yang dilindungi.

AR memelihara seekor buaya sinyulong, seekor buaya muara, dua ekor kura-kura jenis baning cokelat, dan seekor kukang.

“Tersangka ditangkap pada hari Kamis, 1 Juli 2021 kemarin, sekitar pukul 11.00 WIB,” kata Kapolresta Jambi, Kombes Pol Dover Christian, Jumat (2/7).

AR ditangkap di kediamannya dengan sejumlah barang bukti. “Dari pengakuan tersangka kepada petugas, satwa-satwa dilindungi dipelihara karena tersangka hobi mengoleksi satwa tersebut,” ujarnya.

Dover mengungkapkan, tersangka mendapatkan satwa itu dari dari tangkapan temannya.

Kasat Reskrim Polresta Jambi, Kompol Handres menjelaskan, terbongkarnya kasus ini setelah petugas mendapatkan informasi dari masyarakat.

“Masyarakat resah melihat pelaku memiliki binatang berbahaya. Disamping itu, tersangka juga sempat menjual beberapa satwa langka tersebut,” tuturnya.

Guna penyelidikan lebih lanjut, tersangka diinapkan di sel tahanan Polresta Jambi. Tersangka terancam pidana 5 tahun dan denda Rp 100 juta. Menangkap, melukai, membunuh, menyimpan, memiliki, memelihara, mengangkut, dan memperniagakan satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup sebagaimana dimaksud dalam Pasal 40 ayat (2) jo Pasal 21 Ayat (2) huruf a UU RI Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!