Lestarikan Permainan Tradisional, Museum Siginjei Jambi Gelar Perlombaan Gasing

Lestarikan Permainan Tradisional, Museum Siginjei Jambi Gelar Perlombaan Gasing
lomba permainan gasing pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) Kota Jambi, Kamis (8/4/2021)
Bagikan

Museum Siginjei Provinsi Jambi menyelenggarakan lomba permainan gasing untuk para pelajar Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) di Kota Jambi, Kamis (8/4/2021). Perlombaan permainan gasing tersebut diikuti oleh 30 orang peserta yang berasal dari berbagai sekolah negeri maupun swasta.

Dalam perlombaan permainan gasing tersebut para peserta lomba akan mendapatkan penghargaan berupa piagam dan hadiah uang tunai jika berhasil menjadi juara di dalam perlombaan tersebut.

Pelaksana Bimbingan dan Publikasi Museum Siginjei Provinsi Jambi, dan sekaligus Panitia Lomba Permainan Tradisional Gasing, Krisviorini mengatakan, kegiatan ini untuk mengenalkan dan melestarikan permainan tradisional. Pelestarian dan pengenalan benda permainan tradisional, termasuk bagian dari tugas Museum Siginjei Jambi.

“Dalam rangka meningkatkan fungsi Museum Siginjei Jambi, dalam bentuk melestarikan permainan tradisional gasing,” katanya.

Perlombaan tersebut, menggunakan sistem penyisihan. Lamanya perputaran gasing, serta teknik memutar gasing, dinilai oleh para juri.

Kemudian, Museum Siginjei Jambi juga rutin mengadakan lomba permainan tradisional, tidak hanya permainan gasing, tetapi juga permainan tradisional lain yang biasa dikenalkan oleh museum itu.

“Setiap tahun ada lomba permainan tradisional. Selain gasing, ada juga permainan cingkling dan lainnya. Kami lombakan permainan yang ada di ruang koleksi,” jelasnya.

Krisviorini menjelaskan, ketika lomba permainan gasing berlangsung, pihak sekolah tidak diperkenankan untuk mengajak para pendukung, guna mencegah penularan pandemi Covid-19.

“Kalau sebelum pandemi Covid-19, kita mengajak para suporter datang ke sini, sekaligus mengunjungi museum, tetapi kali ini diharuskan tidak membawa suporter”, ungkapnya.

Selain itu, Museum Siginjei Jambi juga mengadakan kegiatan belajar dengan para murid tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Jambi.

CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!