Kelola Sampah Ramah Lingkungan, Pemkot Jambi Terapkan Sistem Sanitary Landfill

Kelola Sampah Ramah Lingkungan, Pemkot Jambi Terapkan Sistem Sanitary Landfill
Wali Kota Jambi, Syarif Fasha
Bagikan

Orbid.id – Pemerintah Kota Jambi tahun ini mulai mengoperasikan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) dengan sistem sanitary landfill yang dinilai lebih ramah lingkungan.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha mengatakan memang belum semua sampah di Kota Jambi dikelola di TPA Talang Gulo Sanitary Landfill. Namun, ia menargetkan 100 persen sampah di Kota Jambi bakal dikelola di sana.

“Kemudian target 100 persen semua sampah dapat kita kelola yaitu di lokasi TPA Talang Gulo yang sudah menggunakan sistem sanitary landfill dan tahun ini sudah dapat digunakan,” Tutur Fasha, Senin (22/2).

Sistem Sanitary Landfill adalah sistem pengelolaan (pemusnahan) sampah dengan cara membuang dan menumpuk sampah di lokasi cekung, memadatkannya, dan kemudian menimbunnya dengan tanah.

Fasha juga mengatakan ada 12 persen sampah yang dikelola di tempat asalnya, bersama dengan bank sampah dan sebagainya.

“Mudah-mudahan target tahun 2025 nanti 30 persen yang akan dapat kita kelola ditempatnya,”

Selain itu menurutnya, mengenai limbah sampah medis saat pademi Covid-19, Pemkot Jambi berupaya untuk dapat mengelolahnya secara mandiri.

“Kami akan perjuangkan melalui anggota DPRD Provinsi dan Dapil kota bagaimana merevisi Rt dan Rw sehingga kota Jambi yang diperbolehkan untuk mengelolah sampah medis, karna lokasi di Talang Gulo sangat mamadai dan lokasi kita sangat banyak,” tutup Fasha.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!