Investasi Bodong Share Result, Polda Jambi Amankan Satu Pelaku

Investasi Bodong Share Result, Polda Jambi Amankan Satu Pelaku
Ditreskrimsus Polda Jambi ekspose pelaku investasi bodong Share Result (SR)
Bagikan

Orbid.id – Tim Ditreskrimsus Polda Jambi berhasil meringkus pelaku investasi bodong Share Result (SR) yang sempat menghebohkan warga Jambi.

Diketahui RJ(35) merupakan warga Jember, Jawa Timur yang menjadi tersangka penyedia buku tabungan investasi bodong Share Results (SR).

Ia ditangkap pada tanggal 6 Maret 2021 oleh tim gabungan Ditreskrimsus Polda Jambi dan dibantu Divkum Intel Mabes Polri di wilayah Jember, Jawa Timur.

Dalam melakukan aksinya, RJ (35) memperdaya korban dari berbagai kalangan, mulai dari dosen, guru hingga tingkat Ketua RT tersebut, dengan total kerugian mencapai Rp 2,1 miliar.

Di Provinsi Jambi, korban SR berjumlah sekitar 349 orang, sementara untuk diluar Provinsi Jambi berjumlah 36 orang, dengan total korban keseluruhan berjumlah 385 orang.

Setelah lebih kurang 2 bulan, Ditreskrimsus Polda Jambi akhirnya berhasil menangkap tersangka RJ, dan langsung dibawa ke Mapolda Jambi

Dirreskrimsus Polda Jambi, Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, RJ (35) dikendalikan pelaku bernisial R, yang berada di Malaysia.

“RJ (35) ditugaskan untuk mencari korban, dan berperan untuk membuka rekening baru dari satu di antara bank yang ada di Indonesia serta digunakan untuk menampung modal dan aliran dana dari korban”, ujar Sigit, Jum’at (19/3/2021).

Dalam menjalankan investasi bodong, berbasis aplikasi online tersebut, RJ (35) dijanjikan uang sebesar Rp 8 juta setiap satu kali pembukaan rekening, oleh pelaku yang berada di Malaysia.

Setelah itu, setiap satu orang yang berhasil direkrut oleh RJ (35), akan diberikan masing-masing Rp 1 juta, dengan rincian Rp 500 ribu untuk isi buku rekening.

“Jadi total keuntungan tersangka ini, sekitar Rp 7 juta, jika dihitung keuntungan bersihnya, itu sekira Rp 6,5 juta, dalam satu rekening”, kata Sigit.

Sigit mengatakan untuk mengungkap kasus tersebut, pihaknya langsung berkordinasi dengan pihak Kemenkumham, yang difasilitasi oleh Divkum Intel Mabes Polri

Kemudian, pihaknya juga telah bekerja sama dengan Mutual Legal Assistance, dengan pemerintah Malaysia, hingga dengan pihak interpol.

“Sampai saat ini, kita sudah sampai pada titik kerja sama dengan berbagai pihak, termasuk pemerintahan Malaysia, Police to Police hingga pihak Interpol,” ungkap Sigit.

Ia menjelaskan, saat ini pihaknya terus berupaya mengungkap aktor intelektual dibalik investasi bodong SR tersebut, dengan kerja sama bilateral antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Malaysia

“Upaya untuk mengarah kepada aktor intelektual dari Share Result Aplication ini sudah pada proses Mutual Legal Assistance,” kata Sigit.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, RJ (35) kini harus mendekam dibalik jeruji besi Mapolda Jambi.

Sebagai informasi tambahan, Tim Ditreskrimsus Polda Jambi juga mengamankan barang bukti berupa uang tunai senilai Rp 39,8 juta, serta belasan amplob berisi buku rekening, dan android. (Ksandi).

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!