Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan UNJA Gelar Workshop Tentang Penulisan Berita

Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan UNJA Gelar Workshop Tentang Penulisan Berita

Orbid.id – Era milenial merupakan bagian dari perkembangan era digital, pesatnya perkembangan jaman yang semakin canggih menuntut sumber daya manusia yang semakin peka terhadap kemajuan media online. Membaca situasi yang berkembang Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kepelatihan Universitas Jambi menyelenggarakan Workshop Penulisan Berita kepada Mahasiswa.

Workshop Penulisan Berita diselenggarakan Rabu Pagi (3/10) di ruang seminar Porkes Unja. Acara di awali dengan sambutan dari Dosen Dr. Ugi Nugraha, S.Pd., M.Pd, dan di lanjutkan dengan sambutan Pemateri Maskun Sopwan.

Dalam Sambutannya Dosen Dr. Ugi Nugraha, S.Pd., M.Pd menyampaikan pentingnya pelatihan penulisan berita secara digital membutuhkan pelatihan, untuk lebih mendalami tentang dunia tulis menulis, melaporkan, mecari sumber berita dan batasan kode etik jurnalistik dalam penkulisan.

Ia menambahkan dengan workshop tersebut di harapkan para peserta baik Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa nantinya bisa memberikan kontribusi pada pemberitaan Fakultas Ilmu Keolahragaan serta diharapkan peserta mampu memiliki keterampilan dalam menulis.

“Output kegiatan ini Dosen, Tenaga Kependidikan dan Mahasiswa mampu membuat berita, membuat tulisan, membuat naskah di media-media yang berbasis teknologi,” paparnya.

Materi Maskun Sopwan saat memberi penjelasan kepada Mahasiswa, mengatakan mengenai hal-hal apa saya yang harus diperhatikan dalam membuat sebuah berita.

“Hal pertama yang harus diperhatikan dalam membuat suatu berita ialah fakta dari berita yang akan kita buat,” Ucap Maskun.

Lebih lanjut Juga Maskun Sopwan menjelaskan bahwa dalam pembuatan sebuah berita haruslah sesuai dengan kejadian nyatanya, jangan dikurang-kurangi dan jangan juga dilebih-lebihkan, harus sesuai fakta yang ada. Dan hal penting lain yang harus diingat sebelum membuat berita ialah mempersiapkan materi.

“Kita Harus menyiapkan materi pertanyaan kepada narasumber sebelum terjun langsung ke lapangan, mengingat kataoff the record pada saat sedang mendengarkan hasil wawancara sambil membuat beritanya, dan memperhatikan ejaan dari nama narasumber,” Pungkas Maskun.(*)

Bagikan
CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!