Demi Kepentingan Politik, Protokol Kesehatan Diabaikan

Demi Kepentingan Politik, Protokol Kesehatan Diabaikan
Suasana keramaian di tengah penjaringan Calon Gubenur Jambi
Bagikan

Orbid.id – Hampir seluruh partai peserta pilkada saat ini sudah membuka pendaftaran penjaringan calon Gubenur Jambi. Para kandidat Cagub pun mulai melakukan pengisian formulir pendaftaran penjaringan calon Gubenur Jambi ke partai yang diharapkan.

Namun dalam proses penjaringan ini, Direktur Pusat Kajian Demokrasi dan Kebangsaan (PUSAKADEMIA), Bahrein Nurdin, mengkritisi adanya penampakan keramaian yang terkesan mengabaikan prtokol kesehatan Covid-19.

Hal tersebut seperti yang terlihat dalam video yang berdar di salah satu group WhatsApp, dimana pada saat cagub Cek Endra mengembalikan formulir di Sekretariat PAN, Jum’at (20/) kemarin, menampakkan suasana keramaian yang mengabaikan protokol kesehatan, seperti tidak adanya pembatasan sosial (sosial distancing), bersalaman, bahkan diantara para pendukung atau simpatisan tidak memakai masker.

“Ya saya rasa gugus tugas harus tegas memberi peringatan hal-hal seperti ini. Para politisi harus menunjukkan contoh yang baik kepada masyarakat dalam menjalankan protokol kesehatan,” ujarnya, Sabtu (20/6).

Ia menegaskan, bahwa dalam bentuk acara apapun, saat berada di luar rumah seharusnya tetap menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Protokol tidak boleh dilanggar dengan alasan apa pun, ke Mesjid tidak boleh berkerumun, tapi mengapa di kegiatan ini tanpa physical distancing,” imbuhnya.

Sementara itu ketua tim Pilkada Provinsi Jambi, Partai Amanat Nasional, Yos Adrino mengatakan, bahwa pihaknya sudah berupaya melalukan protap kesehat pencegahan Covid-19, hanya saja protap tersebut diperketat pada saat kandidat dan pendamping berada di dalam gedung.

“Kami untuk protap di dalam sudah membatasi kandidat beserta pendampingnya hanya 6 orang, jadi kandidat itu didampingi oleh 5 orang, nah kalau di luar gedung kan kita tidak bisa terlau ketat, seyogianya di sini kita mengharapkan disiplin daripada relawan atau pendukung, agar physical distancing dan sosial distancingnya berjalan,” ujarnya.

Bahakan, kata Yos, jauh hari sebelumnya, lewat surat jadwal pendaftaran pihaknya sudah mengimbau peserta untuk tetap mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Kita suduah mengimbau, dari surat penyampaian jadwal pun kita sudah sampaikan itu,” sebutnya.

Sementara itu juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Provinsi Jambi,  Johansyah saat dokonfirmasi terkait hal ini belum memberikan jawaban.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!