Apakah Sepak Takraw Berasal dari Indonesia?

Apakah Sepak Takraw Berasal dari Indonesia?
Pertandingan Olahraga Sepak Takraw, (Gambar Doc:Net)
Bagikan

Sudah menjadi rahasia umum jika berbicara olahraga ini, maka yang kerap terbisik dalam telinga adalah pertanyaan tersebut. Hal ini lantaran banyak yang sumber mengatakan jika sepak takraw bukan berasal dari tanah air. Dari penelusuran penelusuran, awal mula kemunculan permainan menggunakan bola rotan ini adalah abad ke 15.

Saat itu awal kemunculannya merupakan permainan tradisional dari kesultanan Malaka yang wilayahnya mencakup Semenanjung Malaya, Selat Malaka, Kepulauan Riau hingga Riau daratan. Dilansir Boombastis dari laman Historia, sepak takraw mengalami perseberan setelah di bawa para saudagar ke penjuru wilayah Sumatra lalu menyebar ke penjuru nusantara.Pada tahun 1950 mencapai puncak kejayaan dengan banyak yang memainkannya.

Namun, sepuluh tahun setelah kepopuleran tersebut menghilang. Meski harus menghilang, sepak takraw muncul dengan berbagi bentuk di tanah air. Seperti contohnya di Sumatra barat disebut Sipak Rago yang dimainkan melingkar. Sedangkan perkembangan di Sulawesi sempat diklaim masyarakat Bugis sebagai permainan tradisionalnya. Melihat fakta tersebut, tentunya kita bisa menyimpulkan sendiri dari manakah ia berasal.

3 Negara Saling Klaim Olahraga Sepak Takraw

Walaupun ada banyak fakta terpapar tentang olahraga ini, aksi saling klaim tetap menjadi bahasan yang tidak pernah habisnya. Dari lima negara kawasan Asia Tenggara memainkan olahraga ini, Indonesia, Thailand, dan Malaysia adalah paling getol menanyakan sejarahnya. Dilansir dari laman Tirto.id, pihak Malaysia menyebut permainan ini berasal dari dirinya lantaran kata sepak berasal Melayu, sedangkan Thailand mengklaim sepak takraw disebabkan kata takraw berasal dari mereka.

Namun, perdebatan tersebut akhirnya menemui jalan tengah setelah Federasi Sepak Takraw Internasional, menyebutkan jika olahraga ini sejarahnya berasal dari Asia Tenggara. Bila mengacu teks sejarah Melayu yang ada di Asosiasi Sepak Takraw Kanada, permainan beregu ini mulanya dimainkan Pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sulthan Muzaffar Shah saat itu (1459-1477), lalu mengalami persebaran setelah perang dunia II di hampir seluruh wilayah yang mayoritas melayu.

Dalam perjalanannya, selain klaim antar negara di kawasan Asia Tenggara. Sepak Takraw disebut-sebut juga terinspirasi dari permainan dari negeri China yang menendang kok di udara. Kalau melihat mekanisme mengandalkan kaki, mungkin memang hal lazim bila olahraga dikatakan berawal dari hal tersebut.

Sumber : www.boombastis.com

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!