8 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Kota Jambi

8 Lokasi Kamera Tilang Elektronik di Kota Jambi
Ilustrasi CCTV Lalu Lintas (Doc:Net)
Bagikan

Orbid – Ditlantas Polda Jambi menjadi satu dari 12 jajaran Polda yang resmi menggunakan E-TLE atau sistem tilang elektronik pada tahap pertama.

Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo mengatakan, dengan pemberlakuan sistem tilang elektronik secara nasional, penegakan hukum bidang lalu lintas akan bisa berjalan lebih efektif.

“Sehingga akan memberi dampak positif pada pelayanan lalu lintas yang lebih efisien, mudah dan tepat,” kata Rachmad, Selasa (23/3).

Lewat penerapan E-TLE di tengah pademi Covid-19, akan lebih efisien dalam pengurangan penularan Covid-19.

“Masyarakat dan penegak hukum, khususnya personil Ditlantas Polda Jambi dan jajaran tidak bersinggungan langsung dengan masyarakat yang berpotensi menularkan Covid-19,” tutur Rachmad.

Disampaikannya, sesuai aturan Undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, masyarakat harus memahami sistem sanksi tilang elektronik dan denda yang harus dibayarkan sesuai dengan jenis pelanggaran yang dilakukan.

“Saat melakukan pelanggaran, kamera E-TLE akan menangkap gambar kendaraan bermotor (ranmor) yang melanggar aturan lalu lintas, hasil tangkapan gambar tersebut terkirim langsung ke pusat data di TMC Polda”, ujarnya.

Jenis pelanggaran yang kena tilang elektronik meliputi, pelanggaran sabuk keselamatan atau seat belt, penggunaan alat elektronik pada saat mengemudi dan, pelanggaran rambu marka atau traffic light, yakni menerobos lampu merah, parkir tidak pada tempatnya, pelanggaran batas kecepatan, kesalahan jalur, kelebihan daya angkut dan dimensi.

“Pemberlakuan sistem E-TLE ini memang diperlukan adanya edukasi dan sebaran informasi yang lebih luas lagi, ketika masyarakat kena tilang apa yang harus dilakukan harus benar-benar kita sosialisasikan,” imbuhnya.

Untuk diketahui, Ditlantas Polda Jambi telah memasang 16 CCTV di 8 titik di wilayah Kota Jambi, yakni, kawasan Simpang Jelutung, Talang Banjar, Simpang Bata Pasar Kota Jambi, Simpang Adipura, Sukarejo, Simpang Kampung Manggis, Simpang BI Telanaipura, dan Simpang Pall 10 Kota Baru.

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!