5 Tips Mengembangkan Kemampuan Menulis

5 Tips Mengembangkan Kemampuan Menulis
Foto ilustrasi, by gelorawijaya.co

   Menulis adalah suatu kegiatan yang sering dilakukan manusia dalam menuangkan ide, gagasan, informasi, maupun ungkapan perasaan. Lewat tulisan, seseorang mampu menyampaikan banyak hal yang tidak bisa diucapkan, bahkan persoalan rumit saklipun.

Meski terdengar sederhana, namun masih banyak masyarakat terutama pelajar bahkan mahasiswa yang kesulitan dalam merangkai karya tulisan dari informasi yang ingin disampaikan. Faktor utama kesulitan dalam menulis ini berkaitan erat dengan rendahnya minat membaca di lingkungan sekitar, ketika tradisi minat membaca rendah maka akan berpengaruh besar terhadap minat menulis, begitu pun sebaliknya.

Menulis sangat menjanjikan manfaat yang begitu besar dalam membantu pengembangan daya inisiatif dan kreativitas. Maka sangat disayangkan ketika menulis bukanlah salah satu dari kebutuhan kita, nah! untuk teman-teman yang ingin mengembangkan skill dalam menulis, ada beberapa tips yang harus dilakukan, yaitu:

  1. Banyak membaca, karena penulis adalah pembaca yang baik, maka harus banyak pula buku yang dibaca sehingga banyak informasi yang kita dapatkan, selain itu kita akan terbiasa untuk terus belajar dan memaknai banyak hal.
  2. Menulis setiap hari, karena cara terbaik untuk melatih diri adalah melakukannya berulang-ulang kali sehingga menjadi kebiasaan, teruslah menulis apa yang kita tahu, yang dilihat, dan yang dirasakan. Terlebih zaman yang sudah canggih seperti sekarang, media sosial bisa kita manfaatkan sebagai titik awal untuk belajar dan bisa rutin menulis.
  3. Konsisten dan lawan rasa malas, karena menulis bukanlah hal yang mudah maka niatkan untuk terus belajar dan ketahui cara terbaik untuk mencari tahu apa yang disukai dan bisa melawan rasa malas sehingga bisa konsisten dalam menulis.
  4. Jangan pernah merasa malu dan putus asa, karena ini adalah hal terpenting ketika seseorang ingin penjadi penulis. Kurangnya percaya diri akan mempengaruhi diri kita sendiri untuk terus merasa tidak mampu hingga membuat putus asa dan tidak mau mencoba lagi.
  5. Selalu menerima masukan dan evaluasi, karena kedua hal ini yang sering kita hadapi maka seorang penulis jangan cepat merasa puas, harus menerima saran-saran, terus belajar, dan mampu mengevaluasi tulisan kita.
Bagikan
CATEGORIES

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!