5 Surat Keterangan Bebas Pidana Dikeluarkan PN Muara Bulian untuk Peserta Pilkada

5 Surat Keterangan Bebas Pidana Dikeluarkan PN Muara Bulian untuk Peserta Pilkada
Ketua Pengadilan Muara Bulian, Enan Sugiarto
Bagikan

Orbid.id, Batanghari – Pengadilan Negeri Muara Bulian telah mengeluarkan surat keterangan bebas pidana kepada lima bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Batanghari.

Surat keterangan bebas pidana ini menjadi syarat bagi calon yang akan maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Batanghari, sebagaimana tertuang dalam PKPU Nomor 1 Tahun 2020,

“Sampai saat ini sudah ada lima nama yang telah dikeluarkan surat keterangan dari Pengadilan Negeri,” ujar Ketua Pengadilan, Muara Bulian, Enan Sugiarto, Kamis (3/9/2020).

Kelima nama calon peserta pilkada tersebut adalah M.Fadhil Arif, Bakhtiar Bakar, dan Hafis Fattah, Yunita Asmara, M.Mahdan

Menurut Enan, pihak pengadilan hanya sebatas memberikan apa yang dibutuhkan KPU sebagaimana prasyarat dalam mendaftarkan calon.

“Terutama bebas pidana, tidak punya utang kepada negara, dan tidak dicabut hak pilihnya, maka surat itu akan dikeluarkan,” jelasnya.

Untuk memperoleh surat keterangan dari pengadilan negeri, pemohon wajib mendaftar secara online melalui aplikasi eraterang, dengan melengkapi beberapa persyaratan, selanjutnya persyaratan tersebut akan diverifikasi oleh petugas.

“Saat ini ada satu nama lagi yang sedang kita verifikasi,” tandas Enan. (Jep)

CATEGORIES
TAGS

COMMENTS

Wordpress (0)
Disqus (0 )

Anda dilarang menyalin konten situs ini!